Dinsos Jabar Gelar Kembali UPSK Di Kabupaten Sumedang

Oleh Admin

Terbit Rabu, 11 September 2019   Dibaca 16 kali



Sumedang, 11/9/19 Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Kantor Kecamatan Cisitu Kab. Sumedang. Kegiatan ini diikuti 102 orang penyandang disabilitas beserta orang tuanya serta diikuti oleh 15 orang kader RBM sebagai pendamping penyandang disabilitas dari masyarakat Kecamatan Cisitu Kab. Sumedang.

Acara ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Prov Jabar Dodo Suhendar didampingi oleh Kabid Rehabilitsi Sosial, Kasie Disabilitas, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sumedang. Camat Cisitu, dan perwakilan dari BAZNAZ.

Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan bantuan alat bantu secara simbolis berupa kursi roda dan tongkat kepada penyandang disabilitas yang pembiayaannya bersumber dari APBD Pemprov Jawa Barat tahun 2019. UPSK kali ini diselenggrakan selama empat hari mulai tanggal 10 September sampai 13 September 2019.
UPSK bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata melalui kegiatan penyebaran informasi deteksi dini kedisabilitasan, konsultasi, orientasi mobilitas maupun rujukan lintas sektoral.  Serta diketahuinya kondisi kedisabilitasan sedini mungkin, sehingga bila akan dirujuk ke lembaga lain disesuaikan dengan kebutuhan kedisabilitasannya.


Penyelenggaraan UPSK ini diharapkan agar masyarakat dapat termotivasi dan berperan aktif dalam penanganan disabilitas. Selain itu, masyarakat mendapatkan informasi serta teridentifikasinya data penyandang disabilitas yang membutuhkan literasi khusus. Kemudian, terhimpunnya indentifikasi data penyandang disabilitas yang membutuhkan rujukan dan alat bantu sesuai dengan kedisabilitasannya dari berbagai multidisipliner.
MZ.


Bagikan

Komentar


Komentar