Ditjen Linjamsos Kukuhkan Sekda Jabar Pada HUT TAGANA Ke-15

Oleh Admin

Terbit Senin, 29 April 2019   Dibaca 22 kali



Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat merayakan puncak hari jadi ke-15 Taruna Siaga Bencana (TAGANA) tingkat Provinsi Jawa Barat di Landasan Susi Air Pangandaran, Sabtu (27/04/2019). sebanyak 500 anggota Tagana dari 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat akan berkumpul disana merayakan hari jadi Tagana dengan mengusum tema "Mewujudkan Masyarakat Siaga Bencana, Siap untuk Selamat".

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Jabar Enok Komariah mengatakan, peringatan hari jadi Tagana tersebut diselenggarakan dalam satu rangkaian yang meliputi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang dibiayai oleh Kemensos selama 3 hari di Desa Sidomulyo, Kec Pangandaran, Kab Pangandaran. "Pada hari terakhir digelar Simulasi uji SOP(Standar Operasional Prosedur) Penanggulangan bencana banjir yang dilaksanakan oleh KSB Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran. simulasi dilakukan bersama masyarakat setempat sebanyak 250 orang yang akan disimulasi pada tanggal 27 april 2019 bersamaan dengan acara puncak HUT Ke-15 Tagana Jawa Barat" ujarnya Jumat (27/04/2019).

Pada puncak acara ada pengukuhan sekda sebagai Pembina Tagana Jabar oleh Ditjen Linjamsos dan pengukuhan Kampung Siaga Bencana Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran oleh Sekda Provinsi Jawa Barat sekaligus pemberian bantuan untuk mengisi lumbung sosial kampung siaga bencana dari Gudang logistik penanggulangan bencana Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat berupa peralatan evakuasi, peralatan keluarga, dan sandang senilai Rp 64.012.500.-

Adapun acara puncak tanggal 27 April 2019 dengan uraian acara apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan selaku pembina apel Sekretaris Daerah Jawa Barat. sebelumnya, kata Enok, Tagana melakukan kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS), Tagana Cinta Lingkungan berupa pembersihan Pantai Timur Pangandaran, Tagana Mencaga Alam berupa penghijauan penanaman pohon di Desa Sukagalih. "Tiga kegiatan tersebut dilaksanakan serentak dari tanggal 25-26 April 2019" ucapnya. pelaksanaan kegiatan TMS ke 40 sekolah sewilayah Kabupaten Pangandaran yang dilaksanakn oleh Tagana dengan melibatkan sebanyak 108 orang dari perwakilan masing-masing kabupaten/kota sebanyak 4 orang.

 


Bagikan

Komentar


Komentar