Ke Papua, Tim Pemdaprov Jabar Bakal Verifikasi Data Pengungsi yang Ingin Pulang

Oleh Admin

Terbit Jumat, 4 Oktober 2019   Dibaca 12 kali



KOTA CIMAHI-- Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sosial membentuk Tim Pendahulu untuk terbang ke Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua,Kamis (3/10/19) dalam Upaya melakukan verifikasi warga Jawa Barat yang mengusi di Wamena dan juga menindak lanjuti permohonan bantuan dari Pengurus Provinsi Papua Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda terkait pemulangan pengungsi asal Jawa Barat yang terkena dampak kerusuhan Kota Wamena, Kabupaten Jawawijaya.

Tim Pendahulu Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana, dua orang TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Pelopor Perdamaian sudah berkoordinasi dengan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI di posko pengungsian di BTN Sentani bersama Badan Nasional Pencarian dan pertolongan (Basarnas) untuk verifikasi data BNBA atau pencarian warga Jawa Barat di pengungsian untuk didata setelah penjemputan oleh Dinsos Papua.

"Kami akan memastikan mereka warga Jabar disana yang mengungsi dalam keadaan sehat dan aman, serta memulangkan mereka ke Jawa Barat.  kita akan fasilitasi bagi warga Jawa Barat yang ingin pulang ke Jabar," ujar Kepala Dinsos Provinsi Jabar Dodo Suhendar dalam keterangan tertulisnya.

Kepala Dinas sosial Provinsi Jawa Barat dr. Dodo Suhendar menyebutkan laporan terkini dari Tim Pendahulu Dinsos Prov. Jabar yang sudah memverifikasi warga Jawa Barat di Wamena yang ada di pengungsian sementara berjumlah 110 orang (terdiri dari laki laki, perempuan dan anak) dan masih ada pergerakan pengungsi dari wamena ke jayapura karena menurut data dari Tim Pendahulu masih ada warga yang tertahan di Wamena berjumlah 147 orang.

terkait adanya kedaruratan warga Jabar, Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengintruksikan JQR yang merupakan bagian dari program cepat tanggap Pemda Provinsi, untuk memberikan informasi terkait Assessment Kedaruratan warga Jabar di lokasi, Melakukan Komunikasi dan pelaporan secara real time mengenai kondisi dan situasi.

Situasi di pengungsian berangsur-angsur kondusif walau masih ada beberapa warga Jabar yang trauma ringan dari konflik sosial tersebut. Saat ini Tim Pendahulu Dinsos Prov Jabar masih menginventarisir penduduk yang akan pulang dan penduduk yang masih ingin menetap di Sentani.


Bagikan

Komentar


Komentar