Kolaborasi Dinsos Jabar Dalam Melayani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial Disabilitas

Oleh Admin

Terbit Rabu, 5 Februari 2020   Dibaca 13 kali



CIMAHI--(05 / 02 / 2020) Kolaborasi sudah menjadi keharusan dan kebutuhan di era digital 4.0. Pun dalam memberikan pelayanan bagi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial harus melakukan kolaborasi dan sharing informasi. Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menggelar acara penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) / Kerjasama antara Dinas Sosial Provinsi Jawa barat dengan Yayasan Baitul Al Khairiyah. Dalam moment yang menggembirakan ini, Yayasan Baitul Al Khairiyah membagikan bantuan berupa 65 (enam puluh lima) buah kaki tangan palsu dan 10 (sepuluh) buah kursi roda bagi Disabilitas yang tersebar di 8 (delapan) Kabupaten / kota.

Penyerahan Bantuan dan Pelaksanaan Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Aula UPTD PSRPD pada hari Rabu, tanggal 5 Februari 2020 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi dan dihadiri oleh Ketua Yayasan Baitul Al Khairiyah, Dinas Sosial Kabupaten/Kota, 10 Yayasan penerima Akreditasi, serta penerima manfaat Disabilitas dari 8 Kabupaten kota se-Jawa Barat.

Moment ini digelar beserta pelaksanaan Pemerima sertifikat Akreditasi bagi Yayasan se Jawa Barat dari BALKS (Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial) dari Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI.

Sudah kesekian kalinya mulai dari tahun 2019 Dinas Sosial Prov. Jabar memelakukan kerjasama dengan Yayasan Baitul Al Kairiyah dalam memberikan bantuan bagi penerima manfaat Disabilitas Jawa Barat. Kiprah yang luar biasa sudah dilakukan oleh Yayasan Baitul Al Khairiyah sejak tahun 2015 khusunya di bidang sosial kemanusiaan di Jawa Barat yakni pemberian bantuan kepada pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial seperti alat bantu Disabilitas, pembangunan dan renovasi sarana ibadah, madrasah, Al Qur'an Braille, Operasi Katarak, Renovasi dan pembangunan Klinik Kesehatan, Rutilahu, bantuan tongkat Kruk disabilitas dan lain lain.

Penyandang Dana Yayasan Baitul Al Khairiyah yang memberikan bantuan Alat Bantu Kaki tangan palsu dan Kursi roda bagi Disabilitas di Provinsi Jawa Barat merupakan Yayasan Kemanusiaan dari Kuwait yang bernama Yayasan Hayah Khairiyah Kuwait.

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dalam Sambutannya memjelaskan bahwa Pembangunan Kesejahteraan Sosial berdasarkan konstitusi merupakan tanggungjawab negara, pada prakteknya tidak ada satu pihakpun mampu melaksanakan dan menyelesaikannya sendiri. Diperlukan kerjasama dalam kebersamaan antara segenap pihak antara lain pemerintah, perguruan tinggi, kalangan profesional, masyarakat, LSM dan khususnya kalangan dunia usaha (korporasi).

Menurut Hj. Nadia Bawazier selaku Ketua Yayasan Al Khairiyah Bandung dalam sepatah kata sambutannya menjelaskan bahwa tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari Yayasan di Quwait dalam mendapatkan Dana Bantuan dari negeri Quwait, seluruhnya harus berproses mulai dari verifikasi, Akreditasi, Audit hingga setiap tahunnya pada pertanggungjawaban laporan keuangan lainnya. Hj. Nadia menambahkan inti dari semuanya adalah manjaga amanah, kepercayaan, jujur dan memiliki niat yang lurus dalam membatu kemanusiaan. Semoga kedepan banyak masyarakat baik itu Pelaku Dunia usaha atau LSM dan Yayasan lainnya yang lebih peduli kepada sosial kemanusiaan.

-Yuyun_HUMAS DINSOS JABAR-


Bagikan

Komentar


Komentar