Masyarakat dihimbau untuk tidak takut kepada ODHA

Oleh Admin

Terbit Rabu, 11 September 2019   Dibaca 6 kali



Masyarakat dihimbau untuk tidak takut kepada orang dengan HIV AIDS (ODHA). hal ini disampaikan kepala bidang perlindungan dan jaminan Sosial, Enok Komariah, saat menjadi narasumber pada kegiatan Penyuluhan Sosial di Kantor Desa Bojong sari Kec. Jampang Kulon Kab. Sukabumi pada Selasa, 10 September 2019.

Permasalahan ODHA, perlu penanganan multi dimensi. Selain memiliki sisi medis, ada pula sisi sosialnya.

"Sisi sosial ini contohnya adalah bagaimana ODHA bersosialisasi dengan masyarakat dan bagaimana sebaiknya masyarakat memperlakukan ODHA." terang Enok Komariah.

ODHA sebagaimana masyarakat lainnya memiliki hak yang sama dalam pergaulan di masyarakat. Buruknya stigma yang diterapkan masyarakat pada ODHA menjadi salah satu hal yang menghambat ODHA dalam mengaktualisasikan diri di masyarakat.

Narasumber lain yang memberi materi dalam acara ini adalah  Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) dari Kec. Jampang Kulon Kab. Sukabumi, Rieky Riyanto.

Dalam pemaparannya Rieky menekankan pada hal-hal yang dapat menularkan virus HIV diantaranya berhubungan seksual tanpa pengaman, penggunaan jarum suntik, dll. "Masyarakat perlu mengetahui hal ini sebagai pengetahuan agar dapat mengantisipasi terjadinya penularan HIV di masyarakat dan agar masyarakat memahami bahwa bergaul secara wajar dengan ODHA bukanlah hal yang dapat menularkan virus HIV", ujar Rieky.

Kepala Seksi Penanganan Tuna Sosial dan KPO Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Amanudin, mengharapkan masyarakat lebih peduli terhadap ODHA dan dapat mentransfer materi yang telah didapatkan kepada lingkungan sekitar.

Penulis : Rachmi Nurhanifah


Bagikan

Komentar


Komentar