Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat Terus DiKerahkan Lewat KSB

Oleh Admin

Terbit Kamis, 29 Agustus 2019   Dibaca 9 kali



Apel Siaga Jambore KSB - Kampung Siaga Bencana dilaksanakan di Ds. Rancabango Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut,  diikuti oleh 500 orang Peserta yg berasal dari beberapa Desa yang tersebar di 21 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang mana desa desa tersebut sudah dibentuk KSB (Kampung Siaga Bencana) sebelumnya bersama 40 Orang pendampingg dari setiap Kab/Kota. Selain Peserta Jambore KSB,  kegiatan tersebut didalamnya sekaligus dilaksanakan Pembentukan KSB di Desa Rancabango Kab. Garut dengan 60 peserta dan 250 warga masyarakat Desa Rancabango Kec. Tarogong Kaler kab.Garut.

 

Pelaksanaan Jambore KSB tersebut dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama dan kedua seluruh peserta aktif dan antusias mengikuti kegiatan Jambore KSB. Seluruh peserta disetiap kab/kota berlomba dalam beberapa Kompetensi yang di selenggarakan. Uji kompetensi Penanggulangan bencana berbasis masyarakat yangg di selenggarakan pada Jambore KSB 2019 ini adalah Uji kompetensi bidang Kelengkapan Gardu Sosial dan Kiprah KSB pd pelayanan Korban Bencana, uji kompetensu bidang Penanganan Pengungsi dalam Penanggulangan Bencana dan uji kompetensu Bidang Pertolongan Pertama Gawat Darurat

 

Di Hari ketiga,  dilaksanakan Apel Siaga Jambore KSB bersama dengan Simulasi uji SOP yang melibatkan masyarakat desa sekitar yang sudah diberikan pengetahuan singkat tentang penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Apel Siaga tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, beserta Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar dan Kepala Dinas Sosial Kab/ Kota se Jawa Barat, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial serta seluruh tim pelaksana di Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana.  Dalam Apel Siaga diumumkan pemenang Uji Kompetensi dari seluruh kab/ kota. Adapun Pemenang Uji Kompetensi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat adalah:

Uji Kompetensi Bidang Kepengkapan Gardu Sosial diraih oleh Juara 1. Kota Cimahi, Juara 2. Kab. Garut dan Juara 3. Kab.  Bandung.

Uji Kompetensi Penanganan Pengungsi Korban Bencana: Juara 1. Kota cimahi. Juara 2. Kab.Bandung Barat dan Juara 3. Kab. subang

Uji Kompetensi Bidang Pertolongan Pertama Gawat Darurat Korban Bencana : Juara 1. Kab. Sukabumi,  Juara 2. Kab. Karawang dan Juara 3. Diraih oleh Kab. Ciamis.

Dalam Apel Siaga Pada Jambore KSB, Wakil Gubernur mengatakan bahwa kegiatan Penanggulangan bencana berbasis masyarakat di Jawa Barat harus diselenggarakan dengan baik di beberapa titik Desa yang rawan bencana, bukan untuk menantang bencana,  tetapi "sedia payung sebelum hujan,  karena kita tidak tahu bencana bisa kapan saja terjadi,  semua warga masyarakat harus mengenal penanggulangan bencana untuk menyelamatkan diri dan orang disekitarnya.


Bagikan

Komentar


Komentar